Akhir Pekan di Awal Bulan nan Cerah Kota Bertuah

649 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Langit cerah berawan memulai pagi kota Bertuah di akhir pekan yang masuk awal bulan Mei 2008 ini. Walau peluang hujan akan sangat sedikit turun sepanjang hari, namun awan masih dominan menutupi warna birunya langit kota Pekanbaru.

Menurut BMG, kisaran temperatur maksimum mencapai 31-34’C akan mewarnai siang hingga sore. Perubahan cuaca terik ini akan menumbuhkan minat pembakaran lahan dan hutan sehingga diperkirakan titik api kembali bersemi.

Kondisi ini didukung oleh hujan yang sangat jarang terjadi sejak siang maupun hingga malam nanti. Sehingga titik api yang menyala kemarin akan mudah merambat atau ada pembakaran lahan dan hutan yang baru pada siang ini. Tidak saja di Riau, wilayah Sumatera lainnya sangat banyak tumbuh titik api jika musim panas telah mulai kembali.

Temperatur tinggi seperti siang ini akan rawan menumbuhkan angin kencang dan petir beserta hujan jika ada peluang hujan sore atau malamnya. Namun yang sangat jelas sering terjadi jika temperatur tinggi ini adalah menjamurnya titik api akibat pembakaran hutan dan lahan.(Surya)

 

Posting Terkait