Akan Dibangun Anjungan untuk Amati Bono Sungai Kampar

783 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Fenomena alam yang sangat langka di dunia yang terjadi di Hilir Sungai Kampar, yakni “Bono”, dalam waktu dekat ini akan bisa disaksikan langsung secara jelas. Pasalnya Pemkab Pelalawan akan membangun anjungan khusus untuk mengamati Bono itu.

Pada anjungan tersebut akan dilengkapi beberapa unit teropong yang dapat digunakan untuk melihat Bono lebih jelas dari jarak jauh. Ini nantinya selain akan bermanfaat bagi wisatawan, juga bisa digunakan oleh para ilmuwan yang sedang mengamati Bono.

Bupati Pelalawan Rustam Effendi mengatakan, anjungan Bono itu akan dibangun di kawasan yang aman dan mudah dijangkau, yakni di sekitar Teluk Meranti. Saat ini Teluk Meranti bisa dijangkau dengan mempergunakan speedboad sekali sehari.

Namun dalam waktu tidak lama lagi akan bisa dijangkau dengan kendaraan darat roda empat dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam dari Pangkalankerinci. Pasalnya saat ini Pemprov Riau sedang membangun jalan lintas yang menghubungkan Pelalawan dengan Inhil.

Rustam optimis, kawasan ini nantinya akan menjadi objek wisata yang sangat menarik bagi wisatawan, karena fenomena alam Bono itu sangat langka terjadi di dunia. “Wisatawan tentunya akan menasaran untuk menyaksikan Bono tersebut,” ujarnya.

Selain itu di kawasan ini juga telah digelar beberapa event perlombaan rakyat yang mendukung, misalnya pacu Sampan Kampo di Pangkalan Terap dan lomba perahu Layer di Kuala Kampar. Kedua perlombaan rakyat itu juga dapat dijual kepada wisatawan.(ad)

 

Posting Terkait