Air Buangan CPI Aman Terhadap Lingkungan

PEKANBARU (RiauInfo) – Dalam melaksanakan operasinya, PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) berpegang teguh pada komitmennya untuk senantiasa menjaga keselamatan lingkungan. Hal itu berlaku di semua fasilitasnya, termasuk fasilitas pengolahan lumpurnya (CMTF = centralized mud treating facility) di lapangan Arak. 

CPI maupun mitra kerja yang mengoperasikannya selalu memantau mutu air yang keluar dari proses pengolahan lumpur CMTF Arak dengan uji laboratorium untuk memastikan bahwa air tersebut memenuhi baku mutu yang ditetapkan oleh undang-undang lingkungan.

Uji mutu air dari CMTF dilakukan mitra kerja CPI setiap hari. Untuk lebih memastikannya, laboratorium CPI juga melakukan pengujian atas mutu air buangan CMTF setiap dua minggu sekali. Sampai sejauh ini, hasil pemantauan kami menunjukkan bahwa air buangan dari CMTF memenuhi semua parameter yang persyaratkan oleh Kep-03/Bapedal /09/1995.

Perlu diketahui bahwa pengoperasian CMTF di lapangan Arak sudah mendapat izin dari Menteri Negara Lingkungan Hidup melalui Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 111 tahun 2005.

Keputusan tersebut dibuat setelah staf Asisten Deputi Urusan Pertambangan, Energi dan Migas, Kementrian Negara Lingkungan Hidup, melakukan klarifikasi teknis terhadap CMTF dan memastikan fasilitas tersebut telah memenuhi persyaratan, sesuai dengan keputusan kepala Bapedal Nomor: Kep-03/Bapedal/09/1995 tentang persyaratan teknis pengolahan limbah B3.(Ad)

 

Rizki: