AGROBISNIS PERIKANAN UNRI RAIH AKREDITASI A “Tak Ada Alasan Sarjana Perikanan Nganggur”

1746 views

news9715PEKANBARU (RiauInfo) – Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau, Dr Ir H Bustari Hasan MSc, mengatakan tak ada alasan bagi tamatan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau untuk menganggur. Sebab, potensi lapangan kerja di bidang ini masih terbuka luas.

Hal itu dikemukakannya dalam acara syukuran atas keberhasilan Program Studi (Prodi) Agribisnis Perikanan Faperikan Unri meraih Akreditasi A di Kampus Unri Panam, Sabtu pekan lalu. Hadir di acara di ruang sederhana itu, Rektor Unri Prof Dr H Ashaluddin Jalil MS, para alumni dan mahasiswa Faperikan.

Bustari menyebutkan, prestasi ini dinilai sangat prestisius mengingat dari 50-an Prodi di Unri, hanya lima Prodi yang berakreditasi A. Tiga di antaranya diraih Faperikan.

Bustari merasa heran kalau ada jebolan Faperikan yang mengaku sulit dapat kerja. Sebab lapangan kerja, baik dalam bidang penangkapan, budidaya ikan (laut dan darat), pengolahan maupun agribisnis perikanan masih luas. “Kalau di Indonesia Barat sudah over, di Timur peluang kerja masih terbuka luas, karena lautannya belum tergarap maksimal,” ujarnya mencontohkan.

Pada acara itu tampil dua alumni Faperikan yang sukses di dunia kerja. Salah satunya Ir Agustiar, mantan karyawan Charon Pokphan yang kini berbisnis bibit ikan di Bangkinang. Agustiar membeberkan kiat keberhasilan bisnis ratusan jutanya secara memukau. Sesi ini dipandu Ir Ridar Hendri MKom. (Tony)

Foto Lainnya:

Posting Terkait