Aburizal Bakrie : Jangan Sampai Korban Banjir Tidak Makan

696 views

Pekanbaru – – Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Aburizal Bakrie bersama Ketua DPD RI Ginanjar Kartasasmita dan Gubernur Riau HM Rusli Zainal meninjau banjir dari udara dengan menggunakan helicopter super puma milik TNI AU Lanud Pekanbaru. Wilayah yang ditinjau antara lain Kabupaten Kampar dan Pelalawan. “Tadi masih terlihat banjir di beberapa tempat. Saya minta penanganan banjir segera dilakukan,” katanya.

Aburizal mengatakan banjir yang terjadi di Riau tidak sama dengan banjir bandang yang terjadi di Nangro Aceh Darussalam dan Sumatera Utara. Menurutnya ada tiga hal yang harus dilakukan; pertama mencegah terjadi korban jiwa akibat banjir. Kedua, jangan sampai masyarakat korban banjir tidak makan. Karena itu distribusi logistik harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Dan ketiga mencegah jangan sampai masyarakat yang mengungsi karena banjir terserang penyakit.

“Saya juga akan minta ke Departemen Kesehatan untuk mengirimkan alat penjernih air, karena masyarakat korban banjir membutuhkan air bersih,” janjinya.

Aburizal juga berjanji akan mencarikan tenda-tenda pengungsi yang saat ini masih kurang. “Stok kita di pusat memang sudah habis. Kita akan cari dinas-dinas sosial lainnya dan dalam waktu dekat akan segera dikirim,” kata Menko Kesra dan menambahkan bakal mengirim dengan segera peralatan komunikasi dan perahu karet yang diminta Riau.

Lain halnya dengan Ketua DPD RI Ginanjar Kartasasmita menilai penanganan korban banjir di Riau sudah cukup bagus. “Dari laporan tadi nampaknya penanganan korban bencana banjir di Riau cukup baik. Ada kekurangan di sana-sini saya kira itu masih wajar,” katanya.

 

Posting Terkait