Abdee Slank, Kangen Manggung Lagi

JAKARTA (RiauInfo) – Abdee Slank mengaku sudah sangat kangen manggung menghibur masyarakat. “Sayang sekali, dokter masih menyatakan belum saatnya, meski sekarang sudah berangsur membaik, tapi masih tetap rutin cuci darah,” ujar gitaris Slank bernama asli Abdee Negara  ketika berbincang dengan wartawan seusai peringatan hari ultahnya yang ke 48 di sebuah restoran di bilangan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, pekan lalu.

Menurut Abdee, meski sedang sakit ginjal sejak beberapa tahun terakhir ini, dirinya tak pernah lepas dari kawan kawannya di markas Slank, Jakarta Selatan.

Kawan kawannya di Slank juga mengaku kangen tampil bareng Abdee, tetapi Bimbim sang penabuh drum dan Kaka sang vokalis selalu dihantui kecemasan yang amat sangat, jika diizinkan manggung, Abdee tiba tiba ambruk karena lelah.

“Saya pernah diskusi sama dokter yang selama ini menjadi perawat setia Abdee. Pak dokter bilang, Abdee belum saatnya manggung karena karakter sakitnya bisa tiba tiba membuatnya ambruk jika kelelahan. Sejak itu saya selalu melarang Abdee ikut manggung dengan kami. Jadi, sementara ini Abdee penasehat kami,” ujar Kaka yang juga diamini personil Slank lainnya.

Sebagai pengganti pengisi waktunya tidak manggung menghibur bersama Slank, musisi kelahiran Donggala, Sulawesi Tengah ini kerap mengikuti acara diskusi. Abdee juga kerap menjadi pembicara di seminar, bahkan pernah dilibatkan sebagai juri sebuah acara pemilihan tokoh teladan di SCTV.

Selain itu, Abdee juga aktif dalam sebuah lembaga sosial yang dikelola relawan Jokowi. “Ya, kalau sudah hadir dalam diskusi saya merasa terobati. Kadang juga memetik gitar, lalu sambil duduk menyanyikan lagu lagu kenangan.” tutur Abdee yang sudah sejak 1988 aktif sebagai personil Slank.

Lalu apa yang akan dilakukan Abdee jika suatu saat nanti dokter membolehkannya aktif seperti sediakala di Slank? Abdee mengaku ingin segera manggung bersama Slank, menghibur masyarakat, terutama penggemar di tanah air.

Tetapi jika Allah menjemput saya kembali ke pangkuan, lebih cepat, perkenankan sebelumnya saya minta maaf kepada semua pihak. Mungkin tanpa sadar saya pernah  nyakirin hati. “Saya juga manusia biasa, tak pernah alpa dari khilaf. Maafkan saya,” ujarnya, lirih.

Kemudian, Abdee juga minta penggemar Slank untuk terus dukung Slank karena grup musik ini punya segudang impian ikut memperbaiki negeri ini melalui bahasa musik. Salah satu impiannya Slank, kata Abdee adalah membersihkan diri para penggemarnya dari penggunaan narkoba. Selain itu Slank juga ingin mengajak penggemarnya sama sama ke surganya Allah.

Sekarang Slank mulai merilis lagu lagi religi dalam kemasan rock. “Itu positif banget. Saya bangga dengan Slank,” jelas Abdee lagi sambil menyeruput minuman hangatnya  berbuka puasa bersama wartawan.

Selamat ulang tahun Abdee. Semoga terus diberi kemudahan kemudahan oleh Allah. Aamiin!  (Herman Ami)

anthonyhr: