Abbas Jamil: Banyak Terjadi Pergeseran Nilai Perjuangan

698 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tokoh masyarakat yang juga veteran pejuang kemerdekaan, Letokl (Purn) Abbas Jamil mengkritik terhadap generasi sekarang dalam mengisi kemerdekaan. Menurutnya, telah banyak terjadi pergeseran nilai-nilai perjuangan.

“Dulu para pejuang bangsa murni membela kemerdekaan dengan membela bangsa dan negara. Rasa kecintaan tersebut dibuktikan dengan mengorbankan jiwa dan raga. Namun sekarang, arah tersebut sudah bergeser dengan kepentingan-kepentingan tertentu tanpa mengutamakan kepentingan bangsa,” ungkapnya usai mengikuti acara peringatan hari Pahlawan di halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa (10/11).

Menurut Abas, individu yang cendrung mengutamakan kepentingan pribadi dan kelompok inilah yang menyebabkan bangsa Indonesia sulit untuk maju. Pada hal dengan rasa kebersamaan itu, dapat diwujudkan untuk menggapai harapan bangsa yang dicita-citakan, katanya.

“Bagaimana mau maju, jika kita tidak bersatu. Karenanya, utamakanlah kepentingan bangsa dan negara seperti halnya yang dilakukan para pahlawan terdahulu, bukan kepentingan pribadi atau kelompok,” ujarnya semangat.(ad)

Posting Terkait