70 Persen Kebutuhan Pangan Riau dari Provinsi Tetangga

821 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kondisi produksi pangan Riau secara umum masih sangat rendah dan butuh pasokan dari provinsi tetangga. Untuk itu, Riau mesti mengantisipasi tingkat kerawanan pangan lebih optimal. letak geografis Riau menyebabkan banyaknya masuk produksi pangan dari luar daerah.

Hal ini ditambah pula dengan produksi di Riau yang kurang, tetapi tingkat konsumsi tinggi. Secara keseluruhan kebutuhan pangan Riau 70 persen didatangkan dari provinsi tetangga.

Sementara ini tingkat kebutuhan pangan Riau masih sangat stabil berkat kelancaran sistem distribusi dan daya dukung produksi dari daerah lain. Dengan demikian kelancaran transportasi sebagai penunjang sistem distribusi merupakan faktor penentu bagi kebutuhan dan ketersediaan pangan masyarakat di riau.

Hampir setiap tahun kebutuhan pangan yang berasal dari luar riau terus meningkat. Oleh karena itu upaya perbaikan jalan untuk memperlancarkan transportasi agar mudah membawa bahan pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat Riau tidak terjadi kemacetan.

Seperti halnya dengan gempa yang telah melanda wilayah sumbar telah membuat masyarakat riau merasa kesulitan untuk mendaptkan bahan pangan yang didatangkan dari sumbar.

Selain itu antisipasi lain juga dilakukan yaitu dengan membuat perencanaan jangka panjang untuk menjamin ketersediaan barang seperti meningkatkan infrastruktur dan membangun sektor pertanian di Riau.

Naik turunnya harga pangan yang datang dari luar provinsi riau adalah akibat dari putusnya jalan Riau-Sumbar adalah hal yang tak dapat dihindari. Karena itu, pemerintah akan terus memantau ketersediaan bahan pangan agar tidak sampai terjadi kenaikan harga di atas batas kewajaran bahkan terjadi kelangkaan akibat gangguan di jalur distribusi.(zuriyati riya)

Posting Terkait