7 Titik Karhutla Tersebar di 3 Provinsi

703 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Selain Provinsi Riau, sedikitnya ada dua provinsi lagi yang menjadi korban kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Pulau Sumatera, Kamis (10/12/09) ini. Berdasar satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), titik api juga terdapat di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan sebanyak 2 titik api berada di Provinsi Riau. Sedangkan Provinsi Sumatera Utara hanya mengalami 1 titik api.

Provinsi Aceh sendiri menjadi daerah yang mengalami kebakaran hutan dan lahan paling banyak mencapai 4 titik api. Sehingga total titik kebakaran hutan dan lahan mencapai 7 titik di wilayah Pulau Sumatera hari ini.

Kepala Kantor BMKG Pekanbaru Philip Mustamu melalui staf analisa Slamet Riyadi mengatakan, secara umum wilayah Pulau Sumatera masih diselimuti oleh musim hujan Desember 2009 ini. Meski cuaca cerah berawan masih berpelaung pada siang harinya, namun hujan juga banyak peluangnya pada sore dan malam hari.

Seperti Riau yang mengalami cuaca cerah berawan dengan temperatur maksimum mencapai 32,5 derjat celsius sepanjang siang tadi telah membuka peluang pertumbuhan titik api. Keadaan tersebut tidak jauh beda dengan provinsi lainnya yang menjadi korban karhutla di Sumatera hari ini.(Surya)

Posting Terkait