67 Peminjam Nikmati Rp.445 Juta Dana Bergulir UEK-SP

662 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (EUK-SP) Tanbar Jaya Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru, kucurkan dana bergulir UEK-SP sebesar Rp. 445 juta.

Sebanyak Rp. 445 juta dana bergulir yang dikelola UEK-SP Tanbar Jaya telah dikmati oleh 67 orang penerima jasa pinjaman bergulir.

“Dana yang kami terima sejumlah Rp. 500 juta dari Pemko Pekanbaru, tapi yang baru digulirkan kepada peneima jasa pinjmaan sebanyak Rp 445 juta, sedangkan sisanya disimpan di Bank, kata Desmanina Kasir UEK-SP Tanbar Jaya di Pekanbaru, Senin (8/03/10).

Dana yang telah digulirkan tersebut katanya, disalurkan pada tahan pertama sebesar Rp. 301 juta yang diterima oleh 49 orang terdiri dari pedagang sebanyak 43 orang. Untuk usaha bengkel 3 orang, usaha perabot 1 orang, usaha warnet 1 orang dan usaha menjahit 1 orang. Besarnya pinjaman yang diberikan berkisar 1 juta sampai dengan 15 juta rupiah.

Sedangkan untuk penyaluran pinjaman tahap kedua telah diberikan kepada 14 orang, dengan total pinjaman sebesar Rp. 144 juta, yang diterima oleh usaha bengkel 2 orang, rental mobil; 1 orang, usaha pangkas rambut 1 orang dan pedagang 14 orang. Besarnya pinjaman yang diberikan kepada peminjam berkisar 2 juta sampai 15 juta.

Lebih lanjut Desmanina mengatakan, pengembalian pinjaman tahap pertama telah dikembalikan sebesar Rp. 20.829.200, ini telah sesuai dengan program UEK-SP. “Kami mengharapkan agar peminjam dapat mengembalikan pinjaman tepat waktu, karena masih banyak warga masyarakat yang telah mengajukan pinjaman kepada UEK” ujarnya.

UEK–SP adalah merupakan Program Pemda Kota Pekanbaru dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Kota Pekanbaru. Sedangkan UEK-SP Tanbar Jaya berdiri pada bulan September 2010, dan mulai beroperasi pada bulan Januari 2011 dan saat ini telah mempunyai anggota aktif sebanyak 69 orang.(Surya/pde)

Posting Terkait