65 Desa di Indragihilir Sukses Gelar Pilkades

PEKANBARU (RiauInfo) – Selama 2007 ini sebanyak 65 desa di Kabupaten Indragirihilir (Inhil) telah sukses menyelenggarakan pemilihan kepala desa. Penyelenggaraan Pilkades tersebut tanpa ada bantuan dana dari APBD Inhil, tapi hanya mengandalkan keuangan desa. 

Keterangan yang diperoleh RiauInfo, Selasa (5/6) diketahui sebenarnya Pemkab Inhil telah menganggarkan dana APBD 2007 untuk keperluan pelaksanaan Pilkades di daerah tersebut. Namun sampai saat ini dana yang telah dianggarkan itu masih juga belum bisa dicairkan.

Tertundanya pencairan dana APBD 2007 untuk keperluan Pilkades tersebut disebabkan terganjal oleh Permendagri No.13 tahun 200. Karena itu, kepada desa-desa yang dinilai mampu disegi finansial, dipersilahkan untuk menyelenggarakan Pilkades tanpa harus menunggu cairnya dana dari APBD.

Kabag Bina Otonomi Desa Setdakab Inhil, Drs Darusallam mengatakan, selain telah suksesnya Pilkades i 65 desa itu, dalam waktu dekat ini masih ada beberapa desa yang akan menggelar Pilkades, diantaranya Desa Teluk Jira, Bakau Aceh, Concong Dalam dan Karya Tunas Jaya.

Dikatakannya, desa-desa itu terpaksa melakukan Pilades karena sudah habisnya masa jabatan kades yang sekarang. Karena itu desa-desa tersebut merasa perlu segera menyelenggarakan Pilkades untuk memiliki kades baru yang definitif.

Menyinggung doa yang dibutuhkan untuk keperluan Pilkades itu, biasanya berasal dari sumbangan setiap calon kades yang ikut Pilkades itu. “Ini boleh saja, asalka hanya dalam bentuk sumbangan. Tapi kalau bentuknya ungutan oleh panitia penyelenggara, jelas tidak boleh,” jelasnya.

Jika pada masa lalu saat Pilkades biaya yang dibutuhkan ditanggung bersama olej masyarakat desa bersangkutan. Tapi untuk masa sekarang dipandang tidak memungkinkan lagi lagi, karena beban masyarakat sendiri sudah cukup berat dengan ekonomi sekarang ini,” tambahnya lagi.(Ad)

 

Rizki: