600-an Atlit dan Official Meriahkan Welcome Party

820 views

BENGKALIS: Sedikitnya 600-an atlit dan official dari seluruh propinsi yang mengikuti pertandingan tiga cabang olahraga di Bengkalis ikut memeriahkan acara welcome party. Kegiatan ini diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis bertempat di Lapangan Tugu Bengkalis, tadi malam.

Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh dalam sambutannya mengucapkan selamat dating kepada seluruh kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau tahun 2012 di negeri melayu, Kabupaten Bengkalis berjuluk negeri junjungan. “Semoga saudara-saudara merasa aman dan nyaman selama berada di Bengkalis, ibu kota Kabupaten Bengkalis,” ujarnya.

Dikatakan, pada perhelatan PON XIII tahun 2012 ini, Kabupaten Bengkalis dipercaya menjadi penyelenggaran tiga cabang olahraga, yakni tarung derajat,volley pantai dan layar. Kepercayaan ini merupakan sebuah kehormatan tersendiri bagi Kabupaten Bengkalis, sehingga Kabupaten Bengkalis berusaha semaksimal mungkin untuk mensukseskan perhelatan berskala nasional ini.

Dalam kesempatan itu, Herliyan menyampaikan beberapa hal mengenai kondisi dan spesifikasi daerah Kabupaten Bengkalis. Secara geografis Kabupaten Bengkalis, mencakup daratan bagian Timur pulau Sumatera dan wilayah kepulauan, dengan luas adalah 7.773,93 km2.

“Secara administrasi pemerintah, Kabupaten Bengkalis terbagi dalam 8 kecamatan, 102 desa/kelurahan dengan jumlahpenduduk kabupaten bengkalis 545.737 jiwa dengan sifatnya yang heterogen. Namun demikian masyarakat kabupaten Bengkalis dapat hidup saling berdampingan, saling menghargai dan bersatu dalam wadahbudaya melayu,” papar Herliyan.

Dari aspek pemerintahan, sambung Herliyan, Kabupaten Bengkalis terdiri dari delapan kecamatan. Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bantan terletak di pulau Bengkalis, Kecamatan Rupat dan Kecamatan Rupat Utara terletak di pulau Rupat, Kecamatan Bukitbatu dan Kecamatan Siakkecil terletak di pesisir pulau Sumatera serta Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir terletak di daratan pulau Sumatera.

“Perlu juga diketahui, bahwa Kabupaten Bengkalis merupakan penyumbang devisa terbesar nomor dua setelah Kutai Kartanegera, terutama pada sektor minyak dan gas yang dihasilkan dari Kecamatan Mandau,” katanya.

Sebelum menjadi tuan rumah tiga cabang olahraga pada PON XVIII, Herliyan mengatakan, Kabupaten Bengkalis juga pernah menjadi tuan rumah berbagai even penting dunia olahraga baik berskala regional, nasional maupun taraf internasional, seperti Asian Beach Takraw dan kejuaraan nasional tinju amatir, dan mencatat rekor muri untuk penyelenggaraan Takraw Beach secara serentak sebanyak 100 lapangan di pantai pasir Bandar Sri Laksmana Bengkalis baru-baru ini.

“Satu pelajaran yang bisa kita petik melalui kejuaraan ini, khususnya bagi seluruh pecinta olahraga, bahwa siapa yang paling siaplahyang akhirnya bisa mencapai prestasi optimal. Pada dasarnya, atlet yang berlatih dengan keras dan disiplin yang tinggi, yang ditangani secaraprofesional dan berdedikasi tinggilah yang pada akhirnya akan tampil sebagaijuara,” katanya.

Herliyan mengatakan, untuk menyukseskan pelaksanaan PON XVIII Riau di Kabupaten Bengkalis, pihaknya berusaha maksimal untuk menjadi yang terbaik sebagai tuan rumah. Disadari, mungkin masih ada kekurangan di sana-sini, untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis dirinya mohon maaf jika masih ditemukan kekurangan di sana-sini

“Saya berpesan kepada seluruh kontingen PON XVIII Riau tahun 2012, jika menemukan hal-hal yang dirasakan masih kurang agar berkoordinasi dengan panitia pelaksana maupun petugas di lapangan,” ujarnya seraya berharap kepada seluruh atlet, official dan pihak wasit, untuk meningkatkan prestasi dengan menjunjung tinggi fair play,” ujarnya (rls)

Posting Terkait