6 Provinsi Sumatera Dijilat Titik Api Hari Ini

648 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Seikitnya 6 provinsi di Sumatera telah menyala tritik api hari ini. Selain pelaung hujan mulai menipis di wilayah pulau Andalas ini, temperatur kian meninggi juga mempengaruhi minat pelaku pembakar lahan melancarkan aksinya hingga satelit NOAA 18 mencatatnya menjadi sebuah titik api.

Dari dat Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Selasa (6/05), melaporkan satelit NOAA 18 telah merekam sdikitnya 15 titik api menyebar di 6 provinsi Sumatera tersebut. Salah satunya adalah provinsi Riau dengan 3 titik api yang menyebar di tiga kabupaten. Seperti kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu dan kabupaten Kuantan Singingi masing-masing menyala satu titik api.

Sedang provinsi lain di luar Riau, satelit mendapatkan 2 titik api di Nanggroe Aceh Darussalam, Aceh. Menyusul provinsi Sumatera Utar dengan 4 titik api menyala. Selanjutnya di Sumatera Barat ada 3 titik api uga berkobar hari ini.

Beranjak ke provinsi Sumatera Selatan, titik apai sdikit berkurang hanya satu titik yang menyala. Begitu juga dengan provinsi Bengkulu menambah satu titik api hari ini. Sehingga total jumlah titik api hari ini di Sumatera sebanyak 15 titik. BMG mencium musim kering yang sangat jaran turun hujan siang harinya ini masih akan berlanjut hingga tiga hari mendatang, khusunya di wilayah Riau.(Surya)

Posting Terkait