531 Hotspot Gerayangi 10 Wilayah Provinsi di Sumatera

609 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Selain provinsi Riau sendiri, titik api akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) juga melanda 9 provinsi lainnya di wilayah pulau Sumatera Sabtu (2/08) ini. Provinsi Riau tercatat sebagai wilayah terbanyak menanggung Karhutla tersebut hari ini. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan hasil rekaman satelit NOAA 18 menangkap 196 titik api tersebar di wilayah Riau. Menyusul 26 titik api menyala di wilayah provinsi Aceh. Tidak ketinggalan dengan provinsi Kepulauan Riau dengan 1 titik api. Sedangakan 86 titik juga menyala di wilayah Sumatera Utara.

Beralih ke provinsi Sumatera Barat juga mempunyai 36 titik. Sementara itu, 15 titik api menyala di wilayah provinsi Bengkulu. Di provinsi Jambi jumlahnya sedikit meninggi mencapai 84 titik api menyala. Berikutnya 74 titik api juga menyebar di wilayah provinsi Sumatera Selatan. Sedangkan di wilayah provinsi Bangka Belitung juga ada 6 titik dan 7 titik api tersebar di wilayah provinsi Lampung. Sehingga jumlah hotspot akibat Karhutla menjadi 531 titik di wilayah pulau Sumatera hari ini.

Di wilayah provinsi Riau sendiri, BMG mendapatkan temperatur udara maksimum masih tinggi mencapai 34,2’Celsius. Sedangkan peluang hujan juga kian menipis hingga dua hari mendatang. Keadaan serupa juga dialami oleh provinsi lainnya di pulau Sumatera. Jika tanpa hujan dan pengendalian kebakaran, peluang sebaran Karhutla disinyalir akan cepat meluas dan menambah jumlah titik api tersebut.(Surya)

Posting Terkait