5 Kabupaten di Riau Dilanda Banjir

PEKANBARU (RiauInfo) – Awal tahun 2010 ini banjir yang melanda Riau semakin meluas saja. Bahkan banjir telah melanda sebanyak 5 kabupaten dengan jumlah rumah warga yang terendam air sebanyak 9.900 unit di lebih 50 desa.

Kabupaten Indragiri Hulu tercatat sebagai daerah paling parah dilanda banjir. Sebanyak 6 kecamatan dan 28 desa telah tenggelam oleh air, dengan jumlah kepala keluarga yang menjadi korban banjir sebanyak 2.800 KK.

Banjir juga telah menyebabkan lahan perkebunan masyarakat terendam sehingga tanaman yang ada di atasnya seperti kelapa sawit dan karet terancam mati. Begitu juga dengan lahan sawah masyarakat juga mengalami kerusakan akibat banjir.

Kepala Dinas Sosial (Depsos) Riau Lukmat Mat dalam keteranganya Senin (4/1) mengataklan, pihaknya sudah menurunkan petugas untuk mendata korban banjir. “Pendataan korban banjir ini perlu dilakukan untuk keperluan menyalurkan bantuan ke lokasi banjir,” ujarnya.

Disebutkannya, untuk bahan pangan telah didistribusikan bantuan berupa beras, mie instan, air kemasan, ikan sarden dan peralatan memasak. Khusus untuk beras telah dikitim sebanyak 27 ton ke seluruh kabupaten yang terkena banjir.

“Kami telah menjalin koordinasi dengan pemerintahan di masingmasing kabupaten guna memperlancar distribusi bantuan pangan yang diserahkan kepada para korban banjir. “Selain bahan makanan, kami juga telah mengirim perahu karet ke sana,” ujarnya.(ad)

Rizki: