450 Anak Ikuti Lomba Balita Sehat di Minas

980 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sekitar 450 anak balita mengikuti Lomba Balita Sehat di Kecamatan Minas kemarin (16/4). Jumlah ini meningkat 50 % dibandingkan peserta tahun lalu. Acara yang ditaja oleh SKKMigas-PT Chevron Pacific Indonesia ini dilaksanakan dengan kerja sama dengan Ibu-Ibu Chevron Minas (IICM), Puskesmas Minas, Tim Penggerak PKK Kecamatan Minas dan Kader Posyandu Minas.

“Kegiatan rutin Posyandu dan Lomba Balita Sehat kami harapkan juga mampu mendukung upaya pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) yang sudah menjadi komitmen pemerintah hingga 2015, khususnya Target 4 yaitu menurunkan angka kematian balita (AKBA) hingga dua pertiga dalam kurun waktu 1990-2015 dengan indikator angka kematian balita per 1000 kelahiran hidup,” ujar Sandy Zahaf yang hadir mewakili manajemen Chevron Minas. “Dengan demikian kita dapat mencapai kualitas hidup masyarakat Minas yang lebih baik sebagaimana diharapkan untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah,” lanjutnya.

Harapan senada disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Siak Dr. HR Toni Chandra. “Program posyandu merupakan program unggulan Dinas Kesehatan karena dapat mengurangi gizi buruk pada balita dan angka kematian,” ujarnya. Ia menghimbau kepada semua orang tua balita agar selalu memantau kesehatan anak-anaknya dengan mengunjungi posyandu terdekat.

“Kami sangat terbantu dengan adanya posyandu yang setiap bulan diadakan oleh Ibu-ibu Chevron Minas,” kata Wulan, ibunda dari Riffat Mahjub Ramadhan, pemenang harapan lomba balita sehat. “Selain mendapatkan sosialisasi dari puskesmas Minas mengenai tumbuh kembang anak, kami juga mendapat susu dan makanan tambahan untuk anak. Kegiatan Lomba balita ini membuat kami semakin bersemangat untuk selalu hadir di posyandu,” lanjut Wulan yang bekerja sebagai resepsionis.

Lomba yang rutin diadakan setiap tahun ini terdiri dari dua kategori yaitu kelompok umur 6-24 bulan (batita) dan kelompok umur 2-5 tahun (balita). Pemenang pertama balita sehat kategori 6-24 bulan adalah Fadlan Alfanzi disusul di tempat kedua hingga harapan III adalah Wafiqah Naila, Andra Elois, Bagus Dwi Prakoso, Alif R dan Riffat Mahjub Ramadhan. Sedangkan untuk kategori umur 25-60 bulan, pemenang pertama adalah Benedikta Angela sedangkan tempat kedua hingga harapan III adalah Fathir Alkhatiry, M. Zaki, Dava Aditry Imanuel, Irgi Fahrezi dan M. Fahri.

Kriteria pemenang lomba ini antara lain jarak kelahiran anak pertama ke anak kedua adalah minimal 2 tahun 9 bulan tidak mempunyai adik, berbadan sehat, berat badan sesuai dengan umur dan tinggi badan, mempunyai kartu menuju sehat (KMS), mempunyai kartu keluarga, aktif mengikuti posyandu setiap bulan, imunisasi lengkap, orang tua mengikuti program keluarga berencana (KB) dan mempunya kartu KB.

Sejak beberapa tahun lalu, IICM menyelenggarakan program posyandu untuk balita di Kecamatan Minas yang diadakan oleh SKKMigas-Chevron. Akhir tahun 2010, posyandu ini mendapat kunjungan kehormatan dari perwakilan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan PBB untuk urusan anak-anak UNICEF. Mulai 2011, kegiatan posyandu bulanan ini tidak saja menjangkau balita, tetapi juga ibu hamil. Setiap bulan, jumlah peserta juga terus meningkat.

Usaha Chevron untuk membantu peningkatan kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Siak juga diwujudkan melalui dukungan pembiayaan program kemitraan tripartit Chevron-JHPIEGO-Dinas Kesehatan Siak berupa revitalisasi desa siaga yang dilaksanakan tahun 2011-2012. Beberapa pencapaian penting program itu, diantaranya, dipakainya model program ini oleh Pemkab Siak di 4 kecamatan, terbentuknya Kelompok Kerja Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, terbentuknya Forum Desa Siaga Kec. Minas, meningkatnya pengetahuan para bidan desa di Minas tentang kesehatan ibu dan anak, dan berjalannya 4 sistem Desa Siaga di 4 desa siaga dan 1 kelurahan siaga yang terdiri dari 6 RW siaga.(rls/ad)

Posting Terkait