45 Anggota DPRD Pekanbaru Dilatih Administrasi Keuangan Daerah

658 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebanyak 45 anggota DPRD Kota Pekanbaru, Selasa (26/2) mengikuti Pelatihan Capasity Building (CB) Administrasi Keuangan Daerah, yang diselenggarakan di Hotel Ibis Pekanbaru. Selain anggota Dewan, pelatihan juga diikuti 30 dosen Fisipol Unri dan 12 staf Sekretariat Dewan. 

Ketua Pelaksana Dra Sofia Achnes MSi yang juga dosen senior Fisipol Unri, kepada RiauInfo, Rabu (28/2) menjelaskan, pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan wacana dan wawasan bagi anggota Dewan tentang administrasi keuangan daerah berkaitan dengan New Public Management, sebagai implementasi perencanaan UU No 17 dan UU No 32 Tahun 2004.

Di samping itu untuk memberikan wacana kepada peserta tentang system pemerintahan, serta perencanaan keuangan daerah berkaitan dengan system penganggaran dan implementasinya dalam UU No 17 Tahun 2004.

Pelatihan sehari penuh ini dibuka oleh dekan Fisipol Unri diwakili oleh Drs Tyastinov MSi. Tyastinov mengharapkan agar pelatihan tersebut dapat memberikan pencerahan dan menambah wawasan bagi anggota Dewan dan peserta lain dalam rangka meningkatkan pembangunan di Riau, khususnya Pekanbaru.

Ikut memberikan sambutan Ketua DPRD Kota Pekanbaru, H Teguh Pribadi. Teguh menilai pelatihan ini sangat penting, sebab seorang anggota DPRD merupakan wakil rakyat, sehingga dia harus senantiasa meningkatkan ilmu dan pengetahuannya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada rakyat yang diwakilinya.

Instruktur pelatihan terdiri dari pejabat Depdagri serta enam pakar ilmu administrasi negara dari Universitas Brawijaya, Malang. Diantaranya Prof Dr Syamsiar dan Dr Bambang Supriono.

Sofia Achnes menambahkan, pihaknya berharap pelatihan serupa dapat dilakukan terhadap para anggota DPRD Kabupaten/ Kota yang ada di Riau. Hal ini mengingat, masalah administrasi dan keuangan daerah pada masa mendatang harus direncannakan dan dilaksanakan secara professional.
(rh)

 

Posting Terkait