43 Hotspot Tersebar di 7 Wilayah Provinsi Sumatera

647 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Termasuk Provinsi Riau, titik api akibat kebakaran hutan dan lahan juga berkobar di beberapa wialyah provinsi lainnya di Sumatera Kamis (3/07) ini. Sebaran titik api tersebut terdapat di 7 provinsi pulau Andalas ini.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan tangkapan satelit NOAA 18 siang ini mendapatkan 43 titik api tersebar di provinsi Riau, Sumatera Barat (Sumbar), Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung dan provinsi Bangka Belitung (Babel) wilayah Lingga

Blucer Dolog Saribu yang menjabat Kepala BMG Pekanbaru sebagai anggota Pusdalkarhutla provinsi Riau melalui staf analisa Slamet Riyadi mengatakan, 9 titik api menyala di Riau. Di provinsi Babel wilayah Lingga hanya menyala satu titik. Menyusul provinsi Bengkulu dan Lampung masing-masing dua titik api.

Selanjutnya, provinsi Sumbar terdapat 4 nyala titik api. Sedangkan di wilayah provinsi Jambi menyala 11 titik. Di provinsi Sumatera Selatan terbanyak dibanding provinsi lainnya di Sumatera hari ini dengan 14 titik api. Sehigga total hotspot akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumatera menjadi 43 titik.(Surya)


Posting Terkait