40 Hektar Untuk Lahan Pertanian Terpadu di Dumai

753 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemko Dumai bertekad akan mengembangkan sektor pertanian dengan memprogramkan prtanian terpadu. Untuk itu melalui Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan telah dicanangkan lahan seluas 40 hektar di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai.


Lahan itu nantinya akan dijadikan lokasi percontohan pertanian bibit unggul seperti nenas, durian, mangga, kelapa, rambutan, tomat dan berbagai palawija lainnya. Selain itu lahan tersebut akan dijadikan tempar berkumpulnya para petani yang tergabung dalam kelompok tani.

Karena lahan itu sebagian besar berstruktur tanah gambut, maka hanya bisa untuk melakukan uji coba tanaman yang bisa tumbuh di tanah gambut. Bahkan dari 40 hektar lahan, hanya sekitar 20 persen saja yang dinilai cocok untuk ditanami berbagai tanaman.

Sedangkan selebihnya tanah gambut yang sulit untuk mengolahnya menjadi lahan bercocok tanam. Kalau bisa diolah, tentunya memerlukan biaya yang tinggi. Dan keberadaan lahan ini sendiri sebenarnta sydah ada sekitar empat tahun yang lalu.(ad)

Posting Terkait