40% Cargo Dagang Dunia Melintasi Riau

620 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Prospek Riau dalam perdagangan Dunia (Internasional) termasuk dalam lima besar. Hal ini dipicu oleh hasil alam, letak secara geografis serta berbagai potensi lain yang dimiliki Riau.

”40% Cargo perdagangan dunia melewati Riau melalui Selat Malaka,” sebut Bernardus R. Djonoputro selaku Chief Executive Officer HDA Investa Asia dalam acara Persiapan Pelaksanaan Riau Investment Summit 2007, Selasa (11/9), di Pekanbaru.

Menurut Djonoputro, Riau juga menyumbangkan 37% CPO bagi kebutuhan dunia. Selain itu, Riau ditempati perusahaan Migas terbesar ke tiga dunia yakni PT. Chevron. Sedang secara Nasional, 60% hasil minyak dan gas (Migas) Indonesia berasal dari Riau.

Latar belakang potensi Riau ini akan menjadikan pagelaran Riau Investment Summit nantinya akan menarik para undangan yang sengaja diundang penyelenggara ke Riau.

Menurut rencana, kata Djonoputro, sedikitnya akan diundang 300 calon investor baik dari dalam maupun luar negeri. Dalam RIS ini akan dipamerkan ke para investor 14 poin proyek potensial yang akan berjalan di Riau.

Acara Persiapan Pelaksanaan Riau Investment Summit 2007, Selasa (11/9), yang berlangsung di Gedung Daerah Pekanbaru dihadiri oleh ratusan peseta terdiri dari pengusaha dan pejabat terkait dari Pemprov Riau. Seperti Tiolina Pangaribuan selaku kepala Badan Promosi dan Investasi (BPI) Prov Riau.(Surya)

 

Posting Terkait