36 Orang Telanjang Badan Belakangi Mapolda Riau

640 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Puluhan orang dari Sentral Gerakan Rakyat (SEGERA) kembali mendesak Kapolda Riau segera memproses kasus lahan. Massa menggelar aksi diam dengan 36 orang telanjang badan membelakangi kantor Polda Riau. PT Duta Palma dan PT Arara Abadi menjadi tertuduh oleh massa ini sebagai pengrusakan serta penyerobotan lahan.

Setiap orang telanjang badan tersebut tertulis satu huruf di punggungnya dengan untaian kalimat seluruhnya “Selamatkan Bumi Adili PT Duta Palma dan PT AA,”. Aksi ini juga terkait dengan hari Bumi Sedunia. Massa ini menggelar aksi sekitar pukul 10.00 WIB.

“Kita minta pihak kepolisian untuk memberikan tanggapan dari laporan yang telah kami berikan. Sejauh mana laporan tersebut telah diproses,”ungkap Riza Zulhelmy yang menjabat Ketua Umum SEGERA kepada RiauInfo ditengah aksi tersebut, Selasa (22/04) di depan pintu gerbang Mapolda Riau. Menurut Riza, SEGERA telah memenangkan sedikitnya 4.586 Ha lahan dalam perkara lahan selama ini.

Dalam catatan mereka, sedikitnya 4 kabupaten telah menjadi korban oleh dua perusahaan tersebut. Selain pembakaran lahan dan hutan, pencemaran lingkungan serta penyerobotan lahan warga juga menjadi tuntutan massa.

Perusahaan tersebut diduga telah merampas tanah warga di kabupaten Kampar sekitar 5000 Ha, kabupaten Siak 20.000 Ha di Bengkalis 7.000 Ha. Pt Duta Palma diduga telah melakukan Pembakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) serta perampasan tanah seluas 1.200 Ha.

Menjelang tengah hari, pihak Polda Riau melalui Kompol H. Sukman yang menjabat Kasat Samapta Polda Riau menyampaikan kesimpulan Polda Riau. Menurutnya, laporan yang diterima Polda Riau sedang dalam penyidikan. Dimana proses penyidikan tersebut akan menyelidik kasus ini sekitar 14 hari. Hasil penyelidikan ini akan dilakukan tindakan melalui surat perintah. Mendengar penjelasan ini, massa akhirnya membubarkan diri dengan tertib.(Surya)



Posting Terkait