35 Hotspot Karhutla Menyebar di Tiga Provinsi

562 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Walau di wilayah provinsi Riau tidak ada titik api sama sekali, namun wilayah provinsi lain di pulau Sumatera masih mempunyai kebakaran hutan dan lahan, Selasa (19/08) ini. Sedikitnya 35 titik api tersebar di 3 provinsi wilayah pulau Sumatera. Provinsi Riau sendiri mendapat catatan terbaik tanpa titik api hari ini. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan rekaman satelit NOAA 18 menangkap titik api itu tersebar di wilayah provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara (Sumut) dan wilayah provinsi Jambi.

Menurut Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, melalui staf Analisa Marzuki mengatakan, Satelit NOAA 18 mendapatkan 32 titik api menyala di wilayah NAD. Menyusul dengan 2 titik api tersebar di wilayah provinsi Jambi. Tidak ketinggalan provinsi Sumatera Utara dengan satu titik api menyala. Sehingga jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan di provinsi wilayah pulau Sumatera menjadi 35 titik hari ini.

Menurut BMG, hujan yang hampir merata di wilayah Riau hari ini akan mempengaruhi sejumlah wilayah provinsi lain di pulau Sumatera. Sehingga peluang mengecilnya kebakaran hutan dan lahan juga akan terjadi di sejumlah provinsi lain hari ini.(Surya)

Posting Terkait