3000 Atlit Bakal Ikuti Porda Riau VI di Bengkalis

793 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Diperkirakan sekitar 3.000 atlit putra/putri dari 11 kabupaten/kota di Bumi Lancang Kuning, bakal mengikuti Pekan Olahraga Daerah (Porda) Riau ke-VI yang akan digelar di Kabupaten Bengkalis pada 2009 mendatang. Mereka akan akan bertarung di Negeri Junjungan untuk memperebutan 239 medali emas, 241 perak dan 333 perunggu.

“Sesuai surat terakhir dari KONI Provinsi Riau, ada 16 cabang yang akan dipertandingkan pada Porda Riau ke-VI Bengkalis tahun depan,” terang Bupati Bengkalis, H Syamsurizal didampingi Asisten III H Wan Mukhtar dan Ketua Harian KONI Bengkalis, H Tuah Hasrun Saily.

Kepada sejumlah wartawan, hal itu disampaikan Syamsurizal usai memimpin rapat persiapan, Selasa (22/4) kemarin. Rapat kedua yang diikuti ke-16 pimpinan Pengurus Kabupaten (Pengkab) cabang olahraga yang bakal dipertandingkan itu, dilaksanakan di lantai II Kantor Bupati Bengkalis.

Adapun ke-16 cabang yang bakal dipertandingkan dalam event olahraga terakbar di Riau itu, terang Syamsurizal, atletik, basket, bola volly, renang sepak bola, sepak takraw dan tenis lapangan. “Kemudian, tenis meja, karate, pencak silat, taekwondo, catur, panjat tebing, tarung drajat serta binaraga,” imbuhnya.

Mengenai tempat pertandingan, Syamsurizal menjelaskan bahwa ke-16 cabang dimaksud, tidak hanya dipertandingkan di ibukota kabupaten saja. Tetapi juga di sejumlah kecamatan, seperti Tebing Tinggi, Mandau dan Bukit Batu.
Misalnya, basket dan karate di Selatpanjang (Kecamatan Tebing Tinggi). Sepakbola, babak penyisihan di Selatpanjang dan Duri (Mandau), sedangkan babak final di Bengkalis. Untuk bulu tangkis, binaraga, dan renang di Duri serta Tenis meja di Sungai Pakning (Bukit Batu).

“Namun soal tempat pertandingan itu belum final. Karena menyangkut kesiapan dan ketersediaan venus, hal itu akan dibahas lebih lanjut,” papar Syamsurizal. Dia juga membenarkan nomor yang bakal dipertandingkan dari ke-16 cabang itu, sekitar 160 nomor.

Ketika ditanya tentang kesiapan Negeri Junjungan sebagai tuan rumah penyelenggara, Syamsurizal mengatakan sangat siap dan sangat siap. “Selain sukses selaku penyelenggara, kita juga akan berupaya semaksimal mungkin agar dapat sukses dalam raihan prestasi,” ujarnya.

Agar sukses sebagai penyelenggara, Syamsurizal mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah ini untuk ambil bagian secara aktif mendukung segala persiapan yang bakal dilakukan panitia pelaksana.

Sedangkan sukses raihan prestasi, dalam rapat itu, Syamsurizal sudah mengingatkan agar setiap Pengkab untuk melakukan pembinaan sejak sekarang secara berkesinambungan. Hanya dengan cara demikian prestasi terbaik dapat dicapai. Bukan melalui pola-pola pemusatan latihan yang temporer dan dilakukan menjelang pertandingan.(ad/rls)



Posting Terkait