30 Titik Api Menyala di 6 Daerah Riau Hari Ini

534 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Titik api kembali bersemi di sejumlah wilayah provinsi Sumatera termasuk Riau. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) melaporkan rekaman satelit NOAA 18, menangkap 56 titik api di 7 provinsi Sumatera Senin (16/06) ini.

Di provinsi Riau sendiri sedikitnya titik api tersebar di 6 wilayah daerah. Seperti di kabupaten Rokanhulu menyala 1 titik api. Menyusul kabupaten Kampar dengan 3 titik. Sementara kabupaten Inderagiri Hilir dan Kuansing masing-masing punya 5 titik api. Sedangkan kabupaten Inderagiri Hulu menderita 10 titik dan Pelalawan dengan 6 titik api. Sehingga jumlah hotspot akibat kebakaran hutan dan lahan seluruhnya di Riau mencapai 30 titik hari ini.

Provinwsi lainnya di Sumatera yang menanggung kebakaran hutan dan lahan adalah Aceh, Sumut dan provinsi Bengkulu masing-masing punya satu titik api. Mengikuti provinsi Sumabar dengan 6 titik dan Sumsel 3 titik api. Namun provinsi Jambi menyala 14 titik api. Dengan tambahan ini termasuk provinsi Riau, maka jumlah hotspot di pulau Sumatera menjadi 56 titik api hari ini.

Untuk wilayah Riasu, BMG masih mencium sangat tipis peluang hujan di sebagian besar wilayahnya. Hujan didapat hanya turun lokal dengan waktu yang sebentar-sebentar seperti yang dialami kota Pekanbaru siang tadi. Hujan serupa ini juga berpeluang di wilayah kabupaten Siak, kota Dumai dan Bengkalis. Sedang daerah Riau lainnya masih menyala titik api seperti tersebut di atas.(Surya)

 

Posting Terkait