25 Karhutla Menyebar di 5 Provinsi Wilayah Sumatera

652 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Selain provinsi Riau sendiri, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) juga melanda wilayah provinsi lainnya di Sumatera, Rabu (17/09) ini. Sedikitnya lima provinsi mengalami Karhutla itu, termasuk di provinsi Riau sendiri hari ini. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan hasil rekaman satelitNational Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 menangkap 25 titik Karhutla tersebar di Sumatera. Di provinsi Riau sendiri, ada 3 titik Karhutla menyala.

Sedangkan 4 titik Karhutla berada di wilayah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Menyusul provinsi Sumatera Selatan dengan 12 titik api. Provinsi Lampung mengalami sedikitnya 3 titik kebakaran hutan dan lahan. Sementara itu, 2 titik Karhutla juga berada di wilayah provinsi Bangka Belitung. Tidak ketinggalan provinsi Jambi dengan 1 titik api hari ini. Sehingga jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan menjadi 25 titik di pulau Sumatera hari ini.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, melalui staf analisa Marzuki mengatakan, pengaruh temperatur panas mulai membuat sejumlah titik api di wilayah Sumatera. Di provinsi Riau sendiri, BMG mendapatkan sangat minim peluang hujan terjadi. Sementara temperatur relatif meninggi mencapai 35 Derjat Celsius hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait