235 Anggota TP PKK Kabupaten Bengkalis Ikuti Jambore

583 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebanyak 235 peserta kader PKK Kabupaten Bengkalis ikut meriahkan pelaksanaan Jambore PKK dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-35 tingkat Provinsi Riau, dari tanggal 9 hingga 13 Pebruari 2008 di Pekanbaru. 235 peserta Jambore Kabupaten Bengkalis tersebut merupakan peserta pilihan yang telah diseleksi dari 175 desa di 13 Kecamatan serta pengurus PKK Kabupaten Bengkalis.

Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Ny Hj Fauziah Syamsurizal mengatakan seluruh kader PKK Kabupaten Bengkalis siap mengikuti seluruh kegiatan Jambore PKK yang telah disusun oleh panitia. “ Ada 8 kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Jambore PKK ini, dan PKK Kabupaten Bengkalis telah mengirimkan utusannya untuk semua kegiatan. Insya Allah dengan persiapan yang baik dan seleksi yang ketat, dapat membuahkan hasil dengan meraih kemenangan”, jelas Fauziah dengan antusias.

“Namun tidak hanya perlombaan saja yang diikuti, pembekalan serta seminar juga wajib diikuti. Selain untuk menambah wawasan juga nantinya dapat menjadi wadah untuk saling tukar informasi serta membahas permasalahan yang ada di daerah masing-masing. Apalagi materinya langsung disajikan oleh pakarnya, diantaranya Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Menteri Negara Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Gubernur Riau,” tambah Fauziah.

“Pelaksanaan Jambore PKK tingkat kabupaten ini nantinya dapat menjadi tolak ukur bagi kader-kader PKK untuk meningkatkan prestasi dalam melaksanakan tugas-tugas mereka dalam rangka membangun pemberdayaan kesejahteraan keluarga di lingkungan masing-masing.

Hal lain yang diharapkan dari kegiatan Jambore kader PKK ini mampu meningkatkan persatuan dan kesatuan kader PKK Kabupaten Bengkalis yang tersebar di berbagai wilayah, di mana jarak satu wilayah dengan wilayah lainnya cukup jauh. Dan bagaimana membentuk visi dan misi dalam program PKK menjadi satu, itu semua dapat terjawab melalui kegiatan Jambore PKK ini”, harap Fauziah.

Pada kesempatan tersebut, Fauziah mengungkapkan, pelaksanaan Jambore Kader PKK ini memiliki efek positif dan semakin meningkatkan kapasitas, keterampilan dan kemampuan para kader PKK. ”Hal ini akan mendorong perta serta perempuan dalam pembangunan bangsa dan daerah” ungkapnya.

Selain itu, kata Fauziah, untuk meningkatkan keikutsertaannya dalam pembangunan maka PKK harus melakukan reposisi, reorientasi dan reaktualisasi peran sehingga PKK dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada. Dengan adanya kader PKK yang semakin mandiri.

Untuk lomba cerdas cermat, utusan yang dikirim adalah Ketua TP PKK Kecamatan Bantan Ny Hj Dra Faizah, Kecamatan Tebing Tinggi Ny Ir T Reni, Kecamatan Mandau Ny Dwi Faozah. Untuk lomba penyuluhan Ketua TP PKK Kecamatan Siak Kecil Ny Fenne Fahrani, lomba MTQ TP PKK Desa Jangkang Kecamatan Bantan Ny Rosimah, lomba busana melayu Ketua TP PKK Kecamatan Bukit Batu Ny Ana Sahara.

Untuk lomba lagu khas daerah Ny Riany Herman, lomba cerita anak-anak utusan dari Desa Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil, lomba membuat program tahunan Ketua TP PKK Kecamatan Bengkalis Ny Dian Darayanti. Sementara itu untuk jenis permainan diikuti oleh seluruh kecamatan. Sedangkan untuk bazaar, diikuti oleh anggota PKK yang membidangi UP2K dengan menampilkan berbagai hasil kerajinan tangan maupun makanan khas Kabupaten Bengkalis.(Ad)

 

Posting Terkait