222 Ribu Pelajar di Riau Akan Mengikuti UN/UASBN

629 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Berdasarkan Data yang ada di Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, jumlah peserta Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tahun 2008 ini di Riau mencapai 222 ribu orang. Jumlah itu diperoleh dari seluruh sekolah yang ada di Riau.

Sebelum data itu diperoleh, Disdik Riau telah menyampaikan kepada seluruh sekolah di Riau untuk melangklarifikasi jumlah siswanya yang akan mengikuti UN/UASBN itu. Data yang sudah masuk itu kemudian ditetapkan dalam Daftar Nominasi Tetap (DNT).

Ketua Panitia UN dan UASBN Riau yang juga Wakil Kepala Dinas Pendidikan Riau, Zailani Arifsyah mengatakan dari jumlah tersebut, 40.724 orang diantaranya berasal dari jenjang pendidikan SMA/MA/SMALB. Sedangkan 11.077 orang dari SMK.

Sedangkan untuk jenjang pendidikan SMP/MTs/SMPLB diikuti sebanyak 76.753 siswa, lalu untuk peserta UASBN untuk jenjang pendidikan SD/MI/SDLB sebanyak 106.403 siswa. “Ini merupakan data tetap dari peserta UAS/UASBN tersebut,” jelasnya.

Dia menyebutkan, untuk kelulusan UN tahun ini, siswa harus mampu mencapai nilai rata-rata mata pelajaran yang diujikan minimal 5,25. Khusus untuk SMK nilai mata pelajaran kompetisi keahlian kejuruan minimum 7,00.
Sedangkan untuk UASBN jenjang pendidikan SD/MI/SDLB mata pelajaran yang diuji adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.(Ad)

Posting Terkait