22 Mahasiswa Selesai Mengikuti Magang di Chevron

1394 views

news9473PEKANBARU (RiauInfo) – PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) hari ini menyerahkan sertifikat tanda selesai magang pada 22 orang mahasiswa peserta magang dari UNRI dan UIN Suska yang tergabung dalam Cooperative Program (COOP). COOP adalah program magang kerja sama antara CPI dan Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Riau (P2K2 UR) bagi mahasiswa semester akhir di Riau.

Acara yang berlangsung di ruang rapat Policy, Government and Public Affairs Kantor Selatan, Rumbai dihadiri oleh Direktur P2K2 UR, Dr. Ir. Is Sulistyati, SU, Pjs. Manager Government Relations/Community Engagement Specific Areas Teguh Soelastyo serta para peserta program COOP yang telah melaksanakan magang di CPI pada periode November 2008 – Mei 2009.

Teguh Soelastyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan program ini merupakan salah satu komitmen CPI untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia di Riau dengan link & match dunia usaha dan institusi pendidikan. Diharapkan mahasiswa-mahasiswa peserta magang dapat merasakan dunia kerja yang sesungguhnya dan menimba pengalaman kerja di CPI.

Para peserta magang mendapat ilmu lebih banyak tidak hanya di tempat mereka magang, namun juga secara kreatif dapat menggali informasi dan berdiskusi dengan karyawan CPI lainnya . Hal ini berguna bagi pengayaan pengalaman dan pendalaman ilmu di dunia industri , khususnya di bidang yang mereka tekuni di kampus masing-masing, sambung Teguh.

Dua peserta COOP yang telah menyelesaikan program magangnya telah diangkat menjadi karyawan di PT Aneka Duri dan PT. Riau Maju Bersama Duri, perusahaan kontraktor CPI. “Pengangkatan ini bukanlah bagian dari program COOP, namun ini murni karena prestasi yang bersangkutan.

Kebetulan Saudara Purnomo dan Suryani sudah selesai menjalani program magang dan telah meraih gelar sarjana. Berkat kinerjanya, mereka diangkat oleh perusahaan kontraktor untuk menjadi pegawai tetap. Ini tentu saja merupakan contoh yang baik bagi peserta magang lainnya,” ungkap Teguh.

Is Sulistyati menyampaikan terima kasihnya kepada CPI yang telah bekerja sama dalam meningkatkan SDM di Riau. Program magang ini tidak saja bagi mahasiswa UNRi tetapi juga dapat diikuti oleh mahasiswa universitas lainnya. Kepada para alumni magang diharapkan tidak melupakan universitas masing-masing, karena berkembangnya suatu institusi pendidikan juga tergantung dari alumninya. Input dan saran dari alumni ke almamater sangat diharapkan.

Peserta magang banyak yang memberikan masukan dalam sesi diskusi yang juga dilaksanakan pada acara ini. Rhia Dwiningsing peserta magang dari bagian keuangan asal Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau menyampaikan bahwa mereka menjadi lebih mengerti sistem keuangan yang diterapkan di CPI.

“Kami diharuskan mempelajari 2 sistem karena kebetulan pada saat kami magang ada penggantian sistem menjelang magang berakhir. Kami juga mengetahui bagaimana proses tutup buku akhir tahun di Chevron. Tentunya pengalaman ini tidak dapat kami dapatkan dimanapun. Lain halnya Dewi Marselina dari Fakultas Hubungan Internasional UNRI, “Saya kagum pada nilai-nilai yang diterapkan di CPI diantaranya; Chevron way, Do it safety or Not at all, Safety moment sebelum meeting dengan tujuan mengingatkan antar sesama pegawai CPI untuk berprilaku selamat”, ungkapnya.

Program magang ini telah dimulai sejak tahun 1990 – an. Saat ini program ini lebih diintensifkan guna mendukung peningkatan kwalitas sumber daya manusia lulusan kampus-kampus yang ada di Pekanbaru. Sebanyak 22 mahasiswa semester akhir tengah menjalani pemagangan di bagian keuangan dan bagian sumber daya manusia di kantor Rumbai dan Duri yang akan berakhir di bulan Oktober 2009. Selain UNRI, dan UIN SUSKA ke depan peserta juga bisa berasal dari universitas lainnya seperti UNILAK, UIR, PCR dan lain-lain.(ad/rls)

Posting Terkait