2008, Jaringan “Riau On Line” Akan Segera Terwujud

605 views

news1443PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Pengelolaan Data Elektronika (BPDE) Riau pada tahun 2008 mendatang akan mewujudkan impiannya berupa penyelesaian pembangunan jaringan “Riau Online”. Melalui jaringan Riau Online ini komunikasi mulai dari tingkat provinsi hingga kecamatan akan bisa dilakukan melalui penggunakan teknologi informatika (IT).

Hal itu dikatakan Gubernur Riau HM Rusli Zainal diwakili Kepala BPDE Riau, Said Kamaluddin Hz saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Teknologi Informasi dan Pengembangan Tim Jaringan Riau On Line se-Provinsi Riau, Kamis (28/6) di Hotel Quality, Pekanbaru.

Menurut Said, saat ini BPDE Riau terus bekerja keras untuk membangun jaringan Riau On Line tersebu, dan untuk saat ini baru terpasang pada beberapa kabupaten/kota di Riau. “Nantinya setelah seluruh kabupaten/kota telah terpasang jaringan, akan dilanjutkan ke seluruh kecamatan,” ujarnya.

Disebutkannya, penggunaan teknologi IT ini sudah sepantasnya diterapkan di kalangan pemerintahan provinsi Riau karena akan sangat memudahkan dalam melakukan informasi. Dengan demikian pelaksanaan roda pemerintah akan berjalan sangat efektif dan efisien,” jelasnya.

Dikatakannya, sejak adanya teknologi IT ini semuanya jadi cepat, bahkan berkomunikasi melalui telepon saat ini sudah mulai ditinggalkan karena kalah cepat. Makanya Riau saat ini terus berusaha mengembangkan jaringan IT sehingga penggunaan teknologi tersebut akan lebih maksimal.

Said mengatakan lagi, pada negara-negara Eropa, seperti Jerman, kemajuan TI mereka sudah terasa sejak tahun 1985 lalu. “Saat itu saya bersekolah di sana, dan sangat terasa penggunaan IT sudah sangat maju. Sedangkan di Indonesia waktu itu belum ada apa-apanya,” ungkap Said lagi.

Makanya sudah waktunya Indonesia, khususnya Riau mengejar ketertinggalan di bidang TI ini. “Dan upaya mengejar ketertinggalan itu sudah kami lakukan. Kita secara bertahap terus membangun jaringan sehingga nantinya akan tergabung dalam jaringan Riau On Line,” ujarnya.

Dia mengatakannya lagi, saat melakukan studi banding ke Bali beberapa waktu lalu, terlihat Kabupaten Jembrana pengunaan IT-nya sudah cukup banyak. Seluruh kecamatan d kabupaten tersebut sudah terpasang jaringan, sehingga hubungan komunikasi sangat lancar dan cepat.

Hal seperti itulah, menurut Said perlu dicontoh oleh setiap kabupaten/kota di Riau. “Melalui rapat koodinasi ini saya berharap dukungan setiap kabupaten/kota dalam mengembangkan jaringan Riau On Line ini,” tambahnya lagi.

Posting Terkait