120 Bonsai Nongkrong di Purna MTQ Pekanbaru

1423 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sedikitnya 120 tanaman Bonsai dengan tampilan unik memenuhi pintu gerbang utama taman Purna MTQ Pekanbaru. Pameran perdana itu akan berlanjut selama dua hari, mulai hari Sabtu (11/10) ini hingga hari Minggu mendatang. 

Komunitas Penggemar Bonsai Pekanbaru (KPBP) mengadakan pameran Bonsai itu dalam rangka sosialisasi seni tanaman yang berprospek ekonomi tinggi tersebut di Riau. Dari 120 tanaman Bonsai yang dipamerkan, terdapat belasan jenis spesies pohon. Spesies yang dominan adalah pohon Beringin. Selain itu ada jenis Asamloto, Delima Batu, Ceri, Cemara Duri, Asam Jawa, Belimbing, Kawista Batu, Dewondaru dan lainnya.

Gunadi yang menjabat ketua PKBP mengatakan, sedikitnya 40 keanggotaan PKBP ikut serta memamerkan Bonsai jagoan mereka masing-masing. Seni tanaman Bonsai dinilai memiliki prospek ekonomi yang relatif multi efek bagi masyarakat secara umum.

“Tanaman Bonsai yang telah lama terkenal sangat memiliki prospek cerah dimana pun kehadirannya. Namun komunitas Pekanbaru, baru kali ini melakukan pameran. KPBP sendiri baru terbentuk pada 5 Juli 2008 silam. Dari jumlah anggota saat ini, kita bisa menilai antusias penggemar Bonsai sangat tinggi di Riau, Pekanbaru khususnya,”ungkap Gusnadi menjawab RiauInfo.

Menurut Gunadi, komunitas Penggemar Bonsai telah ada di seluruh kota propinsi di Indonesia. Komunitas itu memberikan berbagai kemudahan berbagai fasilitas per-bonsai-an bagi anggotanya. Selain itu, komunitas itu juga berguna sebagai wadah menimba ilmu bagi penggemar Bonsai. Ilmu perbonsaian bisa didapat dari event-event bedah Bonsai dan bedah buku yang sering diadakan Komunitas Penggemar Bonsai.

Menjadi anggota Komunitas Penggemar Bonsai Pekanbaru tidaklah harus mempunyai koleksi Bonsai terlebih dulu. Penggemar yang menjadi anggota hanya diwajibkan membayar uang 10 ribu rupiah saja setiap bulannnya. “Jadi anggota tidak harus punya Bonsai dulu, yang penting kan minat dan hobi,”ungkap Gusnadi.(Surya)

 

Posting Terkait