1.200 Siswa Terbaik Riau Bersaing di Darmasiswa Chevron

630 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Siswa-siswi terbaik SMA/MA/SMK di Riau kembali berpeluang memperoleh bantuan dana pendidikan dari PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI). Melalui program Darmasiswa Chevron Riau (DCR), siswa-siswi SMA/MA/SMK kelas tiga (atau kelas XII) dari 12 kabupaten/kota di Riau berhak mengikuti seleksi calon penerima bantuan dana pendidikan untuk jenjang perguruan tinggi.

Mulai tahun ini, proses pendafatarannya pun semakin mudah. Siswa yang berhak mendaftar, yakni peraih juara umum I, II, dan III di sekolah masing-masing pada semester lalu, tinggal mengakses situs resmi DCR di www.darmasiswachevronriau.com.Pengisian formulir harus dengan bantuan dari perwakilan sekolah masing-masing, yaitu kepala sekolah atau guru. Calon peserta tidak perlu lagi mendaftar melalui Diknas seperti tahun-tahun sebelumnya. Pihak sekolah diharapkan mengutamakan siswa-siswi yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

“Saat ini peserta yang sudah mendaftar mencapai 1.200 siswa. Kami masih menunggu siswa-siswa dari Rohil yang sampai saat ini belum mendaftar,” ungkap Vivien Herlin selaku Ketua Program DCR 2013. Pendaftaran ditutup pada Jumat, 18 Januari, dan tes tertulis di seluruh kabupaten/kota akan dilaksanakan serentak pada Sabtu, 19 Januari, di lokasi yang sudah ditentukan oleh Diknas masing-masing. Perwakilan PT CPI akan terlibat langsung dalam proses seleksi di tingkat daerah.

Program DCR akan memilih 60 siswa-siswi terbaik yang terbagi dalam empat peringkat. Peringkat I sebanyak tiga siswa, peringkat II lima siswa, disusul Peringkat III dan IV masing-masing tujuh siswa dan 45 siswa. Program ini merupakan kemitraan antara CPI dengan Dinas Pendidikan tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Masing-masing kabupaten/kota akan meloloskan lima siswa-siswi terbaiknya untuk mengikuti seleksi final yang meliputi aptitude test, psikotes, serta wawancara di Rumbai, Pekanbaru. Hingga saat ini, sekitar 700 siswa-siswi unggulan Riau telah mendapatkan darmasiswa dan melanjutkan kuliah di berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Sebagian dari mereka yang telah menyelesaikan studi sekarang berkarir di berbagai perusahaan, baik nasional maupun multinasional.(zas/rls)

Posting Terkait